Thursday, August 2, 2018

Rahasia Kredit Mobil Bekas atau Baru


Bagi sebagian orang, membeli dan memiliki sebuah kendaraan beroda empat bukanlah sebuah hal yang susah untuk dibuat, secara khusus bagi mereka yang memiliki kemampuan ekonomi yang cukup mapan. Ketika dana mencukupi, maka bukan sebuah hal yang susah untuk membelanjakannya, bahkan untuk membeli bermacam barang yang terbilang cukup mahal sekalipun.

Di lain sisi, bagi mereka yang memiliki kemampuan ekonomi yang tepat-pasan, membeli sebuah kendaraan beroda empat menjadi sebuah hal yang susah untuk dikerjakan, meski keperluan akan barang tersebut sudah tak bisa ditunda lagi. Ada banyak orang yang kesusahan dalam membeli sebuah kendaraan beroda empat secara tunai, bahkan meski kendaraan beroda empat tersebut cuma dalam situasi bekas saja.

Pembelian sebuah kendaraan beroda empat akan melibatkan sejumlah uang dalam angka yang terbilang cukup besar, hal ini karena harga sebuah kendaraan beroda empat bisa saja berada di kisaran ratusan bahkan sampai miliaran rupiah. Tentu ini bukan sebuah nilai yang kecil bagi sebagian besar orang, sehingga ada banyak orang yang harus menabung selama bertahun-tahun untuk bisa memiliki kendaraan roda empat tersebut.

Ketika  ini pengajuan kredit kendaraan tak cuma terbatas pada kendaraan beroda empat yang masih dalam situasi baru saja, kendaraan beroda empat dalam situasi bekas bahkan bisa diajukan ke dalam kredit tersebut. Ini tentu menjadi sebuah keuntungan dan juga kemudahan dalam memiliki sebuah kendaraan beroda empat, secara khusus bagi yang cuma memiliki sejumlah dana yang terbatas untuk hal tersebut.

Jikalau Anda cuma memiliki dana yang tak terlalu besar untuk dialokasikan ke dalam pembelian sebuah kendaraan beroda empat, maka pengajuan kredit bisa dibuat sebagai alternatif. Pun seandainya dana yang Anda miliki tersebut benar-benar sangat terbatas, maka kredit kendaraan beroda empat bekas bahkan bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Sebagai seorang calon kreditur, Anda tentu tak mau mengalami sejumlah permasalahan dan bahkan kerugian atas pengajuan kredit yang akan Anda lakukan, karena itu sangat penting untuk mempertimbangkan dan juga memperhitungkan seluruh sesuatunya dengan matang.

Bagus itu kredit kendaraan beroda empat bekas maupun kendaraan beroda empat baru, keduanya tentu akan memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Saja situasi kendaraan beroda empat yang akan Anda kredit, tentu akan menguntungkan seandainya Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas pengajuan kredit yang Anda lakukan. Simak sebagian nilai di bawah ini mengenai perbedaan antara kredit kendaraan beroda empat bekas dan baru sebagai bahan pertimbangan Anda:

Besaran Suku Bunga
Dalam mengucurkan dana kredit, bagus bank maupun lembaga jasa keuangan akan mempertimbangkan bermacam resiko yang akan mereka tanggung atas pengajuan kredit tersebut. Kredit kendaraan beroda empat bekas tentu saja memiliki sejumlah resiko yang lebih tinggi bagi mereka, sehingga bisa saja bank maupun lembaga jasa keuangan memakai sejumlah bunga yang lebih tinggi pada kredit kendaraan beroda empat bekas.
Besaran Uang Muka
Ketika Anda berniat untuk membeli sebuah kendaraan beroda empat dalam secara kredit, maka salah satu hal harus yang harus Anda penuhi merupakan menyediakan sejumlah uang muka. Lazimnya hal ini akan mencontoh Undang-undang Bank Indonesia, yang mewajibkan pengajuan uang muka kredit kendaraan sebesar minimal 25%-30% dari harga kendaraan yang akan dibeli.

Jikalau Anda bermaksud membeli sebuah kendaraan beroda empat dalam situasi baru yang berada di kisaran harga Rp 200 juta, maka setidaknya Anda harus memiliki uang muka kredit sebesar Rp50-60 juta. Ini tentu menjadi jumlah yang sangat besar bagi Anda yang cuma memiliki jumlah dana yang terbatas.

Di lain sisi, pengajuan kredit kendaraan beroda empat bekas bisa menjadi alternatif utama bagi Anda yang cuma memiliki sejumlah dana yang cukup terbatas. Anda bisa menemukan dan mengajukan kredit kendaraan beroda empat bekas yang harganya berada di kisaran Rp 100 juta, maka Anda cuma perlu mempersiapkan dana uang muka sebesar Rp25-30 juta saja.
Garansi
Mengajukan kredit kendaraan beroda empat dalam situasi baru, tentu akan membawa pulang kendaraan beroda empat beserta dengan garansi yang masih berlaku. Adanya garansi tersebut akan membuat Anda lebih nyaman dan juga tenang. Namun seperti ini tentu tak akan Anda dapatkan saat Anda membeli sebuah kendaraan beroda empat dalam situasi bekas, secara khusus seandainya tahun produksi kendaraan yang Anda beli sudah cukup lama. Namun meski Anda cuma membeli sebuah kendaraan beroda empat dalam situasi bekas saja, Anda konsisten bisa bernapas dengan lega, karena Anda bisa melindunginya dengan membeli polis asuransi kendaraan bagi kendaraan beroda empat tersebut.

Harga Jual Kembali yang Lebih Kompetitif
Membeli sebuah kendaraan beroda empat dalam situasi baru, akan menimbulkan sejumlah resiko penurunan harga yang cukup signifikan saat Anda berniat untuk menjualnya kembali di masa yang akan datang. Keadaan seandainya Anda membeli sebuah kendaraan beroda empat dalam situasi bekas dan kemudian berniat untuk menjualnya kembali, maka Anda cuma akan mengalami penurunan harga yang rendah dan masih dalam klasifikasi tak merugikan.
Beroda Tarif dan Beroda Perawatan
Tarif baru tentu membuat Anda merasa tenang dan nyaman, karena situasi keseluruhan kendaraan beroda empat masih dalam situasi prima. Pun Anda mungkin tak akan mengeluarkan biaya perawatan rutin selama sebagian bulan pertama, karena ada layanan cuma-cuma dari pihak produsen.

Namun seandainya Anda membeli kendaraan beroda empat dalam situasi bekas, maka besar kemungkinan Anda mendapatkan kendaraan beroda empat yang sudah tak begitu mulus dan bisa saja memiliki permasalahan pada sebagian bagian. Namun ini wajar sekali terjadi, secara khusus seandainya Anda mengajukan kredit kendaraan beroda empat tersebut tanpa melihat secara rinci mengenai situasi keseluruhan kendaraan beroda empat tersebut. Anda akan memerlukan sejumlah biaya perawatan yang cukup besar saat membeli sebuah kendaraan beroda empat bekas, ini tentu akan menjadi pos pengeluaran yang harus untuk dipertimbangkan.
Premi Asuransi
Ketika memiliki sebuah kendaraan beroda empat, maka sudah sewajarnya seandainya Anda memikirkan untuk membeli asuransi sebagai bentuk perlindungan. Namun ini umumnya sudah diikutsertakan sekalian pada saat pengajuan kredit Anda lakukan. Besaran premi asuransi yang akan dikenakan pada kendaraan beroda empat dalam situasi bekas, tentu akan lebih besar seandainya dibandingkan dengan premi asuransi kendaraan beroda empat baru, karena dalam hal ini perusahaan asuransi menanggung sejumlah resiko yang lebih besar terhadap kendaraan beroda empat yang dikredit dalam situasi bekas tersebut.

Pembelian kendaraan beroda empat secara kredit, bisa Anda jadikan sebagai solusi dalam memenuhi keperluan Anda akan sebuah kendaraan pribadi dengan sejumlah dana yang terbatas. Namun sangat penting untuk mencermati keperluan Anda dan juga menyesuaikannya dengan keuangan yang Anda miliki. Bagus kredit kendaraan beroda empat bekas maupun baru, keduanya akan memberikan keuntungan bagi Anda, tentunya seandainya Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas pengajuan kredit yang akan Anda lakukan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Rahasia Kredit Mobil Bekas atau Baru

Bagi sebagian orang, membeli dan memiliki sebuah kendaraan beroda empat bukanlah sebuah hal yang susah untuk dibuat, secara khusus bagi ...